Rabu, 16 November 2016

P3D

Nama               : Farhana N. U
Nim                 : 2227150138
Mata Kuliah    : P3D
Jurusan            : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

soal
1.      Uraikan pentingnya pengetahuan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
2.      Jelaskan dan uraikan masalah-masalah perkembangan psikologi anak usia sd
3.      Uraikan menurut pendapat saudara cara-cara mengoptimalkan kecerdasan peserta didik
4.      Apa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan serta perbedaan individu peserta didik usia sekolah dasar
5.      Jelaskan tujuan, fungsi, dan manfaat psikologi perkembangan peserta didik
jawab
1.      Dengan mempelajarai perkembangan perserta didik kita akan memperoleh beberapa keuntungan. yang pertama, kita akan mempenyai ekspestasi yang nyata tentang anak dan remaja. kedua, pengetahuan tentang psikologi perkembangan anak membantu kita untuk merespons sebagaimana mestinya pada prilaku tertentu dari seorang anak. ketiga, pengertahuan tentang perkembangan anak akan membantu mengenali tentang penyimbangan dari perkembangan yang normal. keempat, dengan mempelajari perkembangan anak akan membantu memahami diri sendiri.
beberapa hal yang mendasari pentingnya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
a)      Masa perkemngan yang cepat
pada anak terjadi pertumbuhan-pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan perubahan-perubahan yang dialami spesies lain.perubahan fisik, misalnya pada tahun pertama lebih cepat dari pada tahun-tahun berikutnya. hal yang sam terjadi juga pada perubahan yang menyangkut interaksi social, perolehan dan penggunaan bahasa, kemampuan mengingat serta berbagai fungsi lainnya.
b)     Pengaruh yang lama
alasan lainya mengapa mempelajari anak ialah bahwa peristiwa-peristiwa dan pengalaman-pengalaman pada tahun-tahun awal menunjukan pengaruh yang lama dan kuat terhadap perkembgangan individu pada masa-masa berikutnya.
c)      Proses yang kompleks
sebagai peneliti yang mencoba memahami perilaku orang dewasa yang kompleks, berpendapat bahwa mengkaji tentang bagaimana perilaku itu pada saat masaih sederhana  akan sangat berguna. manusia mampu berkomunikasi dari cara yang sederhana sampai yang kompleks karena bahasa yang digunakan mengikuti aturan-aturan tertentu. suatu pendekataan terhadap masalah ini adalah dengan mempelajari proses kemampuan berbahasa. anak membentuk kalimat yang hanya terdiri atas satu atau dua kata, kalimat itu muncul dengan mengikuti aturan yang diajarkan oleh orang dewasa. dengan mengkaji kalimat pertama tersebut para peneliti bahasa bertambah wawasannya tentang mekanisme cara berbicara orang dewasa yang lebih kompleks.
d)     Nilai yang diterapkan
penelitian tentang tahap awal perkembangan social secara relevan berkaitan dengan orang tua tentang perannya dalam kehidupan sehari-hari, percobaan tentang strategi pemecahan masalah pada anak akan memberikan informasi berharga tentang metode belajar yang baik.  hasil penelitian atau pengkajian teoritis dapat secara langsung atau tidak dapat mempengaruhi pada pola pendidikan atau pengajaran.
e)      Masalah yang menarik
      Anak merupakan makhluk yang mengagumkan dan penuh teka teki serta menarik untuk dikaji.kemudahan anak umur dua tahun untuk mempelajari bahasa ibunya dan kreativitas anak untuk bermain dengan temannya merupakan dua hal dari karakteristik anak yang sedang berkembang. misalnya banyak hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan anak yang merupakan misteri yang menarik.

2.      beberapa masalah perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar yang mungkin saja/ biasa terjadi.
a)   Hiperaktif
hiperaktif ini merupakan sebuah gangguan psikologi anak yang cukup sering terjadi. seorang anak akan mendapatkan sebuah gangguan perilaku dimana mereka cenderung bergerak aktif bahkan super aktif di dalam rumah atau di lingkungan permainan bersama dengan teman-temannya.
b)     Sulit berkonsentrasi
anak dengan konsentrasi yang buruk  bisa membuatnya kesulitan apabila harus belajar dalam waktu lama dan mengerti mengenai beberapa materi pembelajaran. mereka cenderung mudah terpengaruh terhadap hal yang ada di sekitarnya sehingga tidak mampu berkonsentrasi secara maksimal.
c)      Pemurung dan penyendiri
ketika kita telah membahas mengenai anak-anak yang ceria bahkan hiperaktif , ada pula anak yang berperilaku sebaliknya. mereka sangat sulit bergaul dan ceramah merasa malu dengan keadaan mereka sendiri.anak-anak seperti ini juga tidak boleh dibiarkan berlarut karena jiwa social mereka tidak bisa berkembang jika selalu dibiarkan.
d)     Masalah bicara
seorang anak yang mempunyai masalah bicara juga banya terjadi. rata-rata mereka  mempunyai masalah mengenai artikulasi dimana pembicaraan yang mereka lakukan kurang jelas dan sulit diterima oleh lawan bicara. salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk memecahkanmasalah ini adalah dengan terapi bicara.

3.      Menurut Saya, untuk mengoptimalkan kecerdasan peserta didik dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh peranan  guru.peranan guruberusaha membimbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik. dalam mengemas penyajian pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik sehingga betul-betul memiliki makna dalam mengasah kecerdasan yang harus dicapai peserta didik.
1)      Guru harus memiliki pemahaman tentang anak yang sedang dibimbingnya. misalnya pemahaman tentang gaya hidup dan kebiasaan belajar serta pemahaman  tentang potensi dan bakat yang dimiliki anak, dan latar belakang kehidupannya. pemahaman ini sangat penting sebab akan menentukan teknik dan jenis bimbingan yang harus diberikan kepada mereka.
2)      Guru dapat memperlakukan siswa sebagai individu yang unik dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan keunikan yang dimilikinya.
3)      guru senantiasa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonsultasikan berbagai kesulitan yang dihadapi siswanya, baik ketika sedang berada dikelas maupun diluar kelas.
4)      Guru sebaiknya dapat memahami prinsip-prinsip umum konseling dan menguasai teknik-teknik dasar konseling untuk kepentingan pembimbing siswanya, khususnya ketika siswa kesulitan dalam pembelajaran.

4.      Perbedaan  pertumbuhan dan perkembangan
pertumbuhan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

§   dalam pertumbuhan akan terjadi perubahan ukuran dalam hal bertambahnya ukuran fisik, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, lingkar dada, dan lain-lain
§   dalam pertumbuhan dapat terjadi perubahan proporsi yang dapat terlihat pada proporsi fisik atau organ manusia yang muncul mulai dari masa konsepsi hingga dewasa
§ pada pertumbuhan dan perkembangan terjadi hilangnya ciri-ciri lama yang ada selama masa pertumbuhan,seperti hilangnya kelenjar timus, lepasnya gigi susu, atau hilangnya reflex –reflex tertentu
§   dalam pertumbuhan terdapat ciri baru yang secara perlahan mengikuti proses kematangan, seperti adanya rambut pada daerah aksila, pubis atau dada.
Perkembangan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
§ perkembangan selalu melibatkan proses pertumbuhan yang diikuti dari perubahan fungsi, seperti perkembangan sistem reproduksi akan diikuti perubahan pada fungsi alat kelamin
§   perkembangan memiliki perkembangan yang konstan dengan hukum tetap
§ perkembangan memiliki tahapan yang berurutan mulai dari kemampuan melakukan hal yang sederhana menuju kemampuan melakukan hal yang sempurna
§   perkembangan setiap individu memiliki kecepatan pencapaian perkembangan yang berbeda
§   perkembangan dapat menentukan pertumbuhan tahap selanjutnya, dimana tahapan perkembangan harus melewati tahap demi tahap.
Perbedaan individu peserta didik usia sekolah dasar.
Garry 1963 dalam buku Perkembangan Peserta Didik karya Sunarto dan B. Agung Hartono mengatagorikan perbedaan individual ke dalam bidang-bidang berikut:
a)  Perbedaan fisik, tingkat dan berat badan, jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan bertindak.
b)      Perbedaan sosial termasuk status ekonomi, agama, hubungan keluarga, dan suku.
            c)      Perbedaan kepribadian termasuk watak, motif, minat, dan sikap.
            d)     Perbedaaan intelegensi dan kemampuan dasar.
            e)      Perbedaan kecakapan atau kepandaian di sekolah.
Jenis-jenis perbedaan lainnya meliputi :
§  Perbedaan kognitif
Kemampuan kognitip merupakan kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
§  Perbedaan kecakapan bahasa
Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan seseorang untuk menyatakan buah pikiran dalam betuk ungkapan kata dan kalimat yang penuh makna logis dan sistematis. Kemampuan berbahasa sangat dipengaruhi oleh faktor kecerdasan dan faktor lingkungan serta faktor fisik (organ bicara)
§  Perbedaan kecakapan motorik
Kecakapan motorik atau kemampuan psiko-motorik merupakan kemampuan untuk melakukan koordinasi gerakan syarat motoric yang dilakukan oleh syaraf pusat untuk melakukan kegiatan.
§  Perbedaan latar belakang
Perbedaan latar belakang dan pengalaman mereka masing-masing dapat memperlancar atau menghambat prestasinya, terlepas dari potensi individu untuk menguasai bahan.
§  Perbedaan bakat
Bakat merupakan kemampuan khusus yang dibawa sejak lahir, kemampuan tersebut akan berkembang dengan baik apabila mendapatkan rangsangan dan pemupukan secara tepat sebaliknya bakat tidak berkembang sama, manakala lingkungan tidak memberi kesempatan untuk berkembang, dalam arti tidak ada rangsangan dan pemupukan yang menyentuh.
§  Perbedaan kesiapan belajar
Perbedaan latar belakang, yang meliputi perbedaan sisio-ekonomi sosio cultural, amat penting artinya bagi perkembangan anak.akibatnya anak-anak pada umur yang sama tidak selalu berada pada tingkat kesiapan yang sama dalam menerima pengaruh dalam luar yang lebih luas.

5.      Tujuan psikologi perkembangan peserta didik.
psikologi perkembangan peserta didik bertujuan :
1)      memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan  yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal,dalam artian yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dalam lingkungan social-budaya mana saja.
2)      mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
3)      mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan, atau masa perkembangan tertentu.
4)      mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.
5)      mempelajari  penyimpangan tingkahlaku yang dialami seseorang, seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya dll.
Manfaat psokilogi perkembangan peserta didik.
1)      Seorang guru akan dapat memberikan harapan yang realitas terhadap anak dan remaja2
2)      Dapat membantu kita dalam memberikan respons yang tepat terhadap perilaku tertentu seorang anak. psikologi perkembangan dapat membatu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan denga arti dan sumber pola berfikir, perasaan, dan tingkah laku anak.
3)      Dapat membantu guru mengenali kapan perkembangan normal yang sesungguhnya dimulai.
4)      Memungkinkan para guru untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi pada tubuh, perhatian dan perilakunya.
5)      memungkinkan para guru memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada anak.
6)      Memberikan informasi tentang siapa kita, bagaimana kita dapat seperti ini, dan kemana masa depan akan membawa kita.
Fungsi Psikolosi Perkembangan Peserta Didik

       Guru harus bisa mengetahui dan memahami karakter peserta didik agar guru dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didiksehingga tercapainnya suatu tujuan pendidikan dalam pembelajaran 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar