Nama : Farhana N. U
Nim : 2227150138
Mata
Kuliah : P3D
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PGSD)
soal
1. Uraikan
pentingnya pengetahuan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
2. Jelaskan
dan uraikan masalah-masalah perkembangan psikologi anak usia sd
3. Uraikan
menurut pendapat saudara cara-cara mengoptimalkan kecerdasan peserta didik
4. Apa
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan serta perbedaan individu peserta didik
usia sekolah dasar
5. Jelaskan
tujuan, fungsi, dan manfaat psikologi perkembangan peserta didik
jawab
1. Dengan
mempelajarai perkembangan perserta didik kita akan memperoleh beberapa
keuntungan. yang pertama, kita akan mempenyai ekspestasi yang nyata tentang
anak dan remaja. kedua, pengetahuan tentang psikologi perkembangan anak
membantu kita untuk merespons sebagaimana mestinya pada prilaku tertentu dari
seorang anak. ketiga, pengertahuan tentang perkembangan anak akan membantu
mengenali tentang penyimbangan dari perkembangan yang normal. keempat, dengan
mempelajari perkembangan anak akan membantu memahami diri sendiri.
beberapa hal yang mendasari pentingnya
mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
a)
Masa
perkemngan yang cepat
pada anak terjadi
pertumbuhan-pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan perubahan-perubahan yang
dialami spesies lain.perubahan fisik, misalnya pada tahun pertama lebih cepat
dari pada tahun-tahun berikutnya. hal yang sam terjadi juga pada perubahan yang
menyangkut interaksi social, perolehan dan penggunaan bahasa, kemampuan
mengingat serta berbagai fungsi lainnya.
b)
Pengaruh
yang lama
alasan lainya mengapa mempelajari anak
ialah bahwa peristiwa-peristiwa dan pengalaman-pengalaman pada tahun-tahun awal
menunjukan pengaruh yang lama dan kuat terhadap perkembgangan individu pada
masa-masa berikutnya.
c)
Proses
yang kompleks
sebagai peneliti yang mencoba memahami
perilaku orang dewasa yang kompleks, berpendapat bahwa mengkaji tentang
bagaimana perilaku itu pada saat masaih sederhana akan sangat berguna. manusia mampu
berkomunikasi dari cara yang sederhana sampai yang kompleks karena bahasa yang
digunakan mengikuti aturan-aturan tertentu. suatu pendekataan terhadap masalah
ini adalah dengan mempelajari proses kemampuan berbahasa. anak membentuk
kalimat yang hanya terdiri atas satu atau dua kata, kalimat itu muncul dengan
mengikuti aturan yang diajarkan oleh orang dewasa. dengan mengkaji kalimat
pertama tersebut para peneliti bahasa bertambah wawasannya tentang mekanisme
cara berbicara orang dewasa yang lebih kompleks.
d)
Nilai
yang diterapkan
penelitian tentang tahap awal
perkembangan social secara relevan berkaitan dengan orang tua tentang perannya
dalam kehidupan sehari-hari, percobaan tentang strategi pemecahan masalah pada
anak akan memberikan informasi berharga tentang metode belajar yang baik. hasil penelitian atau pengkajian teoritis
dapat secara langsung atau tidak dapat mempengaruhi pada pola pendidikan atau
pengajaran.
e)
Masalah
yang menarik
Anak
merupakan makhluk yang mengagumkan dan penuh teka teki serta menarik untuk
dikaji.kemudahan anak umur dua tahun untuk mempelajari bahasa ibunya dan
kreativitas anak untuk bermain dengan temannya merupakan dua hal dari
karakteristik anak yang sedang berkembang. misalnya banyak hal-hal yang
berkaitan dengan perkembangan anak yang merupakan misteri yang menarik.
2. beberapa
masalah perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar yang mungkin saja/ biasa
terjadi.
a)
Hiperaktif
hiperaktif ini merupakan sebuah
gangguan psikologi anak yang cukup sering terjadi. seorang anak akan
mendapatkan sebuah gangguan perilaku dimana mereka cenderung bergerak aktif
bahkan super aktif di dalam rumah atau di lingkungan permainan bersama dengan teman-temannya.
b)
Sulit
berkonsentrasi
anak dengan konsentrasi yang
buruk bisa membuatnya kesulitan apabila
harus belajar dalam waktu lama dan mengerti mengenai beberapa materi
pembelajaran. mereka cenderung mudah terpengaruh terhadap hal yang ada di
sekitarnya sehingga tidak mampu berkonsentrasi secara maksimal.
c)
Pemurung
dan penyendiri
ketika kita telah membahas mengenai
anak-anak yang ceria bahkan hiperaktif , ada pula anak yang berperilaku
sebaliknya. mereka sangat sulit bergaul dan ceramah merasa malu dengan keadaan
mereka sendiri.anak-anak seperti ini juga tidak boleh dibiarkan berlarut karena
jiwa social mereka tidak bisa berkembang jika selalu dibiarkan.
d)
Masalah
bicara
seorang anak yang mempunyai masalah
bicara juga banya terjadi. rata-rata mereka
mempunyai masalah mengenai artikulasi dimana pembicaraan yang mereka
lakukan kurang jelas dan sulit diterima oleh lawan bicara. salah satu cara
terbaik yang bisa dilakukan untuk memecahkanmasalah ini adalah dengan terapi
bicara.
3.
Menurut Saya, untuk
mengoptimalkan kecerdasan peserta didik dalam pembelajaran sangat dipengaruhi
oleh peranan guru.peranan guruberusaha
membimbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimiliki peserta
didik. dalam mengemas penyajian pembelajaran yang diberikan kepada peserta
didik sehingga betul-betul memiliki makna dalam mengasah kecerdasan yang harus
dicapai peserta didik.
1) Guru
harus memiliki pemahaman tentang anak yang sedang dibimbingnya. misalnya
pemahaman tentang gaya hidup dan kebiasaan belajar serta pemahaman tentang potensi dan bakat yang dimiliki anak,
dan latar belakang kehidupannya. pemahaman ini sangat penting sebab akan
menentukan teknik dan jenis bimbingan yang harus diberikan kepada mereka.
2) Guru
dapat memperlakukan siswa sebagai individu yang unik dan memberikan kesempatan
kepada siswa untuk belajar sesuai dengan keunikan yang dimilikinya.
3) guru
senantiasa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonsultasikan berbagai
kesulitan yang dihadapi siswanya, baik ketika sedang berada dikelas maupun
diluar kelas.
4) Guru
sebaiknya dapat memahami prinsip-prinsip umum konseling dan menguasai
teknik-teknik dasar konseling untuk kepentingan pembimbing siswanya, khususnya
ketika siswa kesulitan dalam pembelajaran.
4. Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
pertumbuhan memiliki ciri-ciri sebagai
berikut:
§
dalam pertumbuhan akan
terjadi perubahan ukuran dalam hal bertambahnya ukuran fisik, seperti berat
badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, lingkar dada, dan
lain-lain
§
dalam pertumbuhan dapat
terjadi perubahan proporsi yang dapat terlihat pada proporsi fisik atau organ
manusia yang muncul mulai dari masa konsepsi hingga dewasa
§ pada pertumbuhan dan
perkembangan terjadi hilangnya ciri-ciri lama yang ada selama masa
pertumbuhan,seperti hilangnya kelenjar timus, lepasnya gigi susu, atau
hilangnya reflex –reflex tertentu
§
dalam pertumbuhan terdapat
ciri baru yang secara perlahan mengikuti proses kematangan, seperti adanya
rambut pada daerah aksila, pubis atau dada.
Perkembangan
memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
§ perkembangan selalu
melibatkan proses pertumbuhan yang diikuti dari perubahan fungsi, seperti
perkembangan sistem reproduksi akan diikuti perubahan pada fungsi alat kelamin
§
perkembangan memiliki
perkembangan yang konstan dengan hukum tetap
§ perkembangan
memiliki tahapan yang berurutan mulai dari kemampuan melakukan hal yang
sederhana menuju kemampuan melakukan hal yang sempurna
§
perkembangan setiap
individu memiliki kecepatan pencapaian perkembangan yang berbeda
§
perkembangan dapat
menentukan pertumbuhan tahap selanjutnya, dimana tahapan perkembangan harus
melewati tahap demi tahap.
Perbedaan individu
peserta didik usia sekolah dasar.
Garry
1963 dalam buku Perkembangan Peserta Didik karya Sunarto dan B. Agung Hartono
mengatagorikan perbedaan individual ke dalam bidang-bidang berikut:
a) Perbedaan fisik,
tingkat dan berat badan, jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan
bertindak.
b)
Perbedaan sosial
termasuk status ekonomi, agama, hubungan keluarga, dan suku.
c) Perbedaan
kepribadian termasuk watak, motif, minat, dan sikap.
d) Perbedaaan
intelegensi dan kemampuan dasar.
e) Perbedaan
kecakapan atau kepandaian di sekolah.
Jenis-jenis
perbedaan lainnya meliputi :
§ Perbedaan kognitif
Kemampuan kognitip merupakan
kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
§ Perbedaan kecakapan
bahasa
Kemampuan berbahasa merupakan
kemampuan seseorang untuk menyatakan buah pikiran dalam betuk ungkapan kata dan
kalimat yang penuh makna logis dan sistematis. Kemampuan berbahasa sangat
dipengaruhi oleh faktor kecerdasan dan faktor lingkungan serta faktor fisik
(organ bicara)
§ Perbedaan kecakapan
motorik
Kecakapan motorik atau kemampuan
psiko-motorik merupakan kemampuan untuk melakukan koordinasi gerakan syarat
motoric yang dilakukan oleh syaraf pusat untuk melakukan kegiatan.
§ Perbedaan latar
belakang
Perbedaan latar belakang dan
pengalaman mereka masing-masing dapat memperlancar atau menghambat prestasinya,
terlepas dari potensi individu untuk menguasai bahan.
§ Perbedaan bakat
Bakat merupakan kemampuan khusus
yang dibawa sejak lahir, kemampuan tersebut akan berkembang dengan baik apabila
mendapatkan rangsangan dan pemupukan secara tepat sebaliknya bakat tidak
berkembang sama, manakala lingkungan tidak memberi kesempatan untuk berkembang,
dalam arti tidak ada rangsangan dan pemupukan yang menyentuh.
§ Perbedaan kesiapan
belajar
Perbedaan latar belakang, yang
meliputi perbedaan sisio-ekonomi sosio cultural, amat penting artinya bagi
perkembangan anak.akibatnya anak-anak pada umur yang sama tidak selalu berada
pada tingkat kesiapan yang sama dalam menerima pengaruh dalam luar yang lebih
luas.
5. Tujuan psikologi
perkembangan peserta didik.
psikologi perkembangan peserta didik
bertujuan :
1) memberikan,
mengukur, dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat
usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal,dalam artian yang berlaku bagi
anak-anak dimana saja dalam lingkungan social-budaya mana saja.
2) mempelajari
karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif,
maupun psikososial.
3) mempelajari
perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan, atau masa perkembangan
tertentu.
4) mempelajari
tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang
berbeda.
5) mempelajari penyimpangan tingkahlaku yang dialami
seseorang, seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam fungsionalitas
inteleknya dll.
Manfaat
psokilogi perkembangan peserta didik.
1)
Seorang guru akan dapat
memberikan harapan yang realitas terhadap anak dan remaja2
2)
Dapat membantu kita
dalam memberikan respons yang tepat terhadap perilaku tertentu seorang anak.
psikologi perkembangan dapat membatu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan denga arti dan sumber pola berfikir, perasaan, dan tingkah laku anak.
3)
Dapat membantu guru
mengenali kapan perkembangan normal yang sesungguhnya dimulai.
4)
Memungkinkan para guru
untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi pada
tubuh, perhatian dan perilakunya.
5)
memungkinkan para guru
memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada anak.
6)
Memberikan informasi
tentang siapa kita, bagaimana kita dapat seperti ini, dan kemana masa depan
akan membawa kita.
Fungsi
Psikolosi Perkembangan Peserta Didik
Guru harus bisa mengetahui dan memahami karakter
peserta didik agar guru dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta
didiksehingga tercapainnya suatu tujuan pendidikan dalam pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar